Langsung ke konten utama

Fungsi Musik secara Umum



Fungsi Musik Secara Umum 



 Ekspresi Diri

Seni musik lebih mudah memberikan ekspresi ungkapan perasaan pemainnya. Selain itu nada-nada yang ada dalam musik juga mewaliki ekspresi yang dikeluarkan. Seperti ekspresi ketika perasaan sedih, nada yang dibunyikan adalah nada yang bertempo lambat dan halus, sedangkan ketika perasaan bahagia, nada yang dibunyikan adalah nada yang bertempo cepat dan menggebu-gebu.

Hiburan
Seni musik merupakan pilihan yang tepat untuk hiburan. Bahkan setiap orang memerlukan musik untuk selalu menjaga mood nya tetap stabil. Namun musik juga dapat melalaikan orang dari aktivitas sehari-harinya jika tidak digunakan dengan efektif.

Terapi
Seni musik sebagai sarana terapi sudah dikenal sejak perang dunia ke-II untuk mengobati para korban dalam peperangan. Sampai saat ini juga penyakit mental atau kelumpuhan organ tubuh menggunakan terapi dengan musik, karena musik mampu menyegarkan kembali sistem kerja otak.

Upacara 
Upacara-upacara di Indonesia seperti upacara kenegaraan, keagamaan, perkawinan, kelahiran dan kematian pada umumnya menggunakan iringin dari seni musik. Di beberapa daerah juga ada yang meyakini bahwa alat musik memiliki kekuatan magis.


Komersial
Bagi para seniman atau musisi, seni musik dijadikan salah satu sumbel mata pencarian. Mereka merekam karya seninya lewat sebuah kaset atau CD yang kemudian dijual ke pasaran. Hasil penjualan dari bermusik dijadikan penghasilan sehari-hari mereka, dari hobi menjadi pekerjaan. Selain itu ada juga para musisi yang melakukan pertunjukan seperti konser, pentas seni dari panggung ke panggung yang dipungut biaya. Ditambah lagi musik sering dikontrak sebagai penggiring sebuah film, ikan, televisi, radio dan dan sebagainya


Tari
Seni tari juga erat hubungannya digabungkan dengan seni musik. Keduanya memiliki kesamaan pola dan ritme satu sama lain, suatu tarian tanpa iringan irama musik akan terapa hampa dan menyulitkan si penari karna penari membutuhkan tempo dan ritme untuk gerakannya. Di Indonesia, bunyi-bunyian atau alat musik diciptakan juga untuk mengiringi tarian-tarian daerah. Maka dari itu kebanyakan tarian daerah hanya bisa diiringi oleh musik daerahnya sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melodi

Melodi adalah  suksesi linear nada musik yang dianggap sebagai satu kesatuan. Dalam arti yang paling harfiah, melodi adalah urutan nada dan jangka waktu nada, sementara, dalam arti lain, istilah tersebut memasukkan suksesi unsur musik lain seperti warna nada. Melodi sering terdiri dari satu atau lebih frasa musik atau motif, dan biasanya diulang-ulang dalam lagu dalam berbagai bentuk. Melodi juga dapat digambarkan oleh gerak melodis mereka atau nada atau interval (terutama yg diperbantukan atau terpisah-pisah atau dengan pembatasan lebih lanjut), rentang pitch, dan melepaskan ketegangan, kontinuitas dan koherensi, irama, dan bentuk.

Genre Musik

Genre Musik atau Aliran Musik  adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.  Berikut adalah macam-macam genre Musik : Alternative Rock Alternative Rock  adalah aliran musik rock yang muncul pada tahun 1980-an dan menjadi sangat populer di tahun 1990. Nama “alternatif” ditemukan pada tahun 1980 untuk mendeskripsikan band-band punk rock yang tidak sesuai dengan aliran punk rock pada masanya. Sebagai jenis musik yang spesifik, rock alternatif mempunyai sub-aliran yang bervariasi, dari musik indie yang bermulai pada tahun 1980 dan menjadi populer pada tahun 1990; seperti indie rock, grunge, gothic rock, dan college rock. Aliran-aliran tersebut terkonsolidasi dengan ciri khasnya masing-masing. Walaupun aliran alternatif terhitung sebagai aliran rock, tapi beberapa sub-alirannya terpengaruh oleh m

Teknik Vokal

Teknik Vokal Selain ditentukan oleh organ-organ tubuh, mutu, dan pembentukannya, suara manusia juga didukung oleh beberapa teknik vokal, di antaranya  intonasi,   resonansi, artikulasi , pernapasan, dan pembawaan. a. Intonasi         Intonasi  merupakan salah satu latihan dasar yang penting bagi seorang penyanyi karena tanpa pembenahan  intonasi  (ketepatan bunyi tiap nada), suara yang dihasilkan menjadi sumbang dan tidak merdu.  Istilah  intonasi  mempunyai pengertian yang berbeda apabila diterapkan dalam bahasa atau seni vokal.  Namun, sebenarnya saling mendukung dan memperkaya khazanah penguasaan teknik bagi seorang penyanyi, musisi, dan komponis.  Banyak suku kata yang memiliki teknik pengucapan tersendiri.         Perbedaan pengucapan terletak pada tekanan atau jumlah suku  kata.  Intonasi  mengandung arti ketepatan suatu nada ( pitch ).  Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara jernih, nyaring, dan enak didengar.  Untuk mendapatkan  int