Langsung ke konten utama

Nada


Pengertian

Nada adalah bagian atau pasrtisi terkecil daripada sebuah lagu. Nada (tone) jika dilihat dalam sudut pandang musik mempunyai arti “suara yang memiliki getaran dan ketinggian tertentu”. Di dalam tangga nada diatonis, nada memiliki juga mempunyai jarak interval tertentu. Tak hanya dalam musik, istilah nada juga sering digunakan pada kegiatan musikalisasi puisi. Pada kegiatan ini, nada dijadikan sebagai unsur dasar.

Tangga Nada

Tangga nada adalah susunan nada-nada yang bertingkat-tingkat tingginya. Antara nada-nada tersebut terdapat jarak tertentu. Ada yang jaraknya 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak inilah yang akan menentukan kemungkinan variasi nada dan jenis tangga nada. Kalau kita suarakan do re mi fa sol la si do, berarti kita menyuarakan suatu urutan nada yang nada berikutnya lebih tinggi dari sebelumnya. Urutan itu dimulai dari salah satu nada dan diakhiri oleh nada yang sama tetapi tingginya berbeda 1 oktaf.

Macam-Macam Tangga Nada 

 Tangga Nada Diatonis

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri dari tujuh buah nada dan menggunakan 2 macam jarak nada, yaitu jarak 1 (satu) dan 1/2 (setengah). Tangga nada ini terbagi atas dua macam, yaitu:
a. Tangga Nada Mayor
Susunan jarak nadanya 1   1   1/2   1   1   1   1/2. Tangga nada mayor berkesan bahagia dan bersemangat.
Image result for tangga nada mayor

b. Tangga Nada Minor
Susunan jarak nadanya 1   1/2   1   1   1/2   1   1. Tangga nada minor berkesan sedih dan kurang bersemangat.

Image result for tangga nada minor

Tangga Nada Pentatonis

Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang menggunakan 5 nada pokok (penta=lima, tone=nada) dengan jarak yang berbeda-beda. Nada-nada dalam tangga nada pentatonis tidak dilihat berdasarkan jarak nada , tetapi berdasarkan urutannya dalam tangga nada.
Tangga nada pentatonis terbagi atas dua tangga nada, yaitu Slendro dan Pelog. Masing-masing tangga nada pentatonis ini memiliki susunan jarak nada yang berbeda. Bila dituliskan dalam sistem diatonik, dapat dilihat tangga nada slendro dan pelog .
Perbedaan tonalitas slendro dan pelog terdengar jelas jika dipakai dalam bermusik. Tangga nada pentatonis slendro bersifat gembira, semangat, dan kadang fantastis. Sedangkan tangga nada pelog akan memberikan perasaan tenang, hormat, dan memuja.
Image result for tangga nada slendro


Tangga Nada Kromatis

tabel-tangga-nada-kromatisTangga nada kromatis yaitu tangga nada yang menggunakan 12 macam nada dan semuanya berjarak 1/2. Tangga nada kromatis merupakan kumpulan dari semua nada dalam musik. Karena nada selalu berulang oktafnya maka tangga nada kromatis sering dipakai untuk ke-12 nada dari oktaf. Berikut ini tabel tangga nada kromatis

Meski ada 12 nada dalam satu oktaf, tetapi hanya pada 7 oktaf pertama dari abjad yang dipakai untuk nama nada, yaitu A, B, C, D, E, F, G. Lima nada lain dalam nada kromatis diberi nama dengan menempatkan tanda kres (#) atau Mol (b) setelah nada notasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Melodi

Melodi adalah  suksesi linear nada musik yang dianggap sebagai satu kesatuan. Dalam arti yang paling harfiah, melodi adalah urutan nada dan jangka waktu nada, sementara, dalam arti lain, istilah tersebut memasukkan suksesi unsur musik lain seperti warna nada. Melodi sering terdiri dari satu atau lebih frasa musik atau motif, dan biasanya diulang-ulang dalam lagu dalam berbagai bentuk. Melodi juga dapat digambarkan oleh gerak melodis mereka atau nada atau interval (terutama yg diperbantukan atau terpisah-pisah atau dengan pembatasan lebih lanjut), rentang pitch, dan melepaskan ketegangan, kontinuitas dan koherensi, irama, dan bentuk.

Genre Musik

Genre Musik atau Aliran Musik  adalah pengelompokan musik sesuai dengan kemiripannya satu sama lain. Musik juga dapat dikelompokan sesuai dengan kriteria lain, misalnya geografi. Sebuah genre dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks, dan tema musik.  Berikut adalah macam-macam genre Musik : Alternative Rock Alternative Rock  adalah aliran musik rock yang muncul pada tahun 1980-an dan menjadi sangat populer di tahun 1990. Nama “alternatif” ditemukan pada tahun 1980 untuk mendeskripsikan band-band punk rock yang tidak sesuai dengan aliran punk rock pada masanya. Sebagai jenis musik yang spesifik, rock alternatif mempunyai sub-aliran yang bervariasi, dari musik indie yang bermulai pada tahun 1980 dan menjadi populer pada tahun 1990; seperti indie rock, grunge, gothic rock, dan college rock. Aliran-aliran tersebut terkonsolidasi dengan ciri khasnya masing-masing. Walaupun aliran alternatif terhitung sebagai aliran rock, tapi beberapa sub-alirannya terpengaruh oleh m

Teknik Vokal

Teknik Vokal Selain ditentukan oleh organ-organ tubuh, mutu, dan pembentukannya, suara manusia juga didukung oleh beberapa teknik vokal, di antaranya  intonasi,   resonansi, artikulasi , pernapasan, dan pembawaan. a. Intonasi         Intonasi  merupakan salah satu latihan dasar yang penting bagi seorang penyanyi karena tanpa pembenahan  intonasi  (ketepatan bunyi tiap nada), suara yang dihasilkan menjadi sumbang dan tidak merdu.  Istilah  intonasi  mempunyai pengertian yang berbeda apabila diterapkan dalam bahasa atau seni vokal.  Namun, sebenarnya saling mendukung dan memperkaya khazanah penguasaan teknik bagi seorang penyanyi, musisi, dan komponis.  Banyak suku kata yang memiliki teknik pengucapan tersendiri.         Perbedaan pengucapan terletak pada tekanan atau jumlah suku  kata.  Intonasi  mengandung arti ketepatan suatu nada ( pitch ).  Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara jernih, nyaring, dan enak didengar.  Untuk mendapatkan  int